SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Kamis, 25 September 2008

ILMU SH TERATE

ILMU SH TERATE.
(Gagasan D. Sumaryono, Pembina UKM SHTerate Undip2008)

Gagasan ini berkelebat setelah merenung adanya persoalan “klasik” saling mengklaim kebenaran ilmu. Ada yang menyatakan ilmu murni, ilmu asli, ilmu tulen, ilmu yang paling benar..... dan runyamnya perdebatan akhirnya menjurus kepada perpecahan sampai pertengkaran pisik. Sejarah memang perlu, tapi seharusnya kita dapat memetik pengalaman sejarah itu, mengambil langkah yang bijak sehingga tidak perlu persoalan klasik tidak muncul lagi karena KITA MEMANG BEDA DARI YANG DULU.
Penulis mencoba berfikir bahwa Ilmu/Ngelmu (bhs. Jawa) / Science (bhs Inggris) berbeda dengan Pengetahuan/Kawruh/Knowledge. Ilmu adalah pengetahuan yang diperoleh dan telah teruji kebenarannya dengan tata-cara ilmu bukan karena otoritas perseorangan. Adapun pengetahuan dapat diperoleh melalui otoritas perseorangan. Oleh karena itulah ilmu/ngelmu bagi orang jawa memang sukar diperoleh seperti tembang ini (pocung): Ngelmu iku, kelakone kanthi laku, lekase kalawan khas, tegese khas nyantosani, setya budya pangekese dur angkara. Kemampuan suatu ilmu, adalah dapat menguraikan/menjelaskan dan memperkirakan tentang sesuatu (misalnya Ilmu ekonomi akan mampu menjelaskan dan mempredikasi upaya manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan materiilnya dengan sumberdaya terbatas agar tercapai kepuasan maksimum). Ciri lain ilmu adalah SELALU BERKEMBANG karena selalu dikaji , dan diperbaiki agar dapat lebih tinggi kualitasnya sesuai dengan tuntutan jaman. Hal ini berarti ILMU YANG LEBIH LAMA telah dikoreksi, mungkin SUDAH TAK DIPAKAI LAGI.
Bagaimana dengan Ilmu SH Terate? Disinilah urgensinya. Kita harus sepakat bahwa ajaran-ajaran SH Terate diajarkan dengan prinsip Pendidikan Sistem pendidikan merupakan metoda terbaik dibanding sistem Promosi dan Paksaan/Doktrin, oleh karena itu SH Terate haruslah mempunyai Ilmu yang Khas untuk diajarkan kepada (Maha)siswa dan warga, sepadan dengan suatu program studi dalam fakultas/universitas. Hemat penulis, ILMU SH TERATE ADALAH PENGETAHUAN YANG MENJELASKAN BAGAIMANA UPAYA MANUSIA AGAR BERBUDI LUHUR, MEMAYU-HAYUNING BAWANA DENGAN DASAR SETIA HATI MELALUI PENCAK SILAT. Sistem pendidikannya juga jelas ada visi-misi- kompetensi, ada materi-metoda-media, ada kriteria peserta-kriteria pengajar/pelatih, ada lembaga dan organisasinya (baca: SHTerate adalah sebuah Perguruan Tinggi). Ilmunya sendiri berkembang, makin lengkap, makin baik, TIDAK PERLU SAMA dengan yang dulu, TENTUU hal ini diputuskan oleh para PENGUASA ILMU(Profesor-profesor).
Jika gagasan ini menjadi kenyataan, maka tidak perlu ada saling klaim kebenaran/keaslian/kemurnian dan lain-lain sampai tawuran segala, karena SH TERATE MEMANG BEDA dan BUKAN SEPERTI YANG DULU ..................... 25/9-08

0 komentar:

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil