SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Kamis, 20 November 2008

DAUN SIRIH/SURUH YANG HEBAT

DAUN SIRIH/SURUH YANG HEBAT
Oleh ; Djoko Sumarjono, Pembina UKM SHTerate Undip.2008.

Daun sirih (suruh) di samping mempunyai kehebatan daya untuk kesehatan (baca sendiri di situsnya ya), digunakan pula untuk lambang budaya. Contohnya ada ungkapan SEKAPUR SIRIH yang maksudnya kalimat PEMBUKA/PENGANTAR untuk maksud lebih lanjut. “Wolak-waliking suruh gineget pada rasane” (= Walaupun beda tapi rasanya sama). Juga ada yang menggunakan sebagai kelengkapan sesaji keperluan ritual tertentu. SURUH dalam khasanah Jawa jarwo-dhosok nya (akronim) SU= baik, RUH=Roh, maksudnya lambang roh yang baik. Saya pikir lambang hati SH-TERATE ya daun Suruh ini.
Dalam sah-sahan SHTERATE, daun sirih ini digunakan untuk me”ngecer” ya seperti mengobati mata dengan tetes mata gitu, daunnya sebagai wadhah cairan tetes, lha cairan tetesnya adalah rendaman daun sirihnya. Tapi bukan sembarang daun sirih, sirih untuk pengeceran adalah sirih jawa (biasa untuk bahan kinang) yang diambil/ dipilih dari segedheng (satu untaian) pembelian tanpa ditawar, yang pangkal urat daunnya bertemu ( temu rose). Dari satu untai suruh, mungkin hanya beberapa yang “temu rose” bahkan satu, lha kalo ndak ada? ya disuruh beli lagi hehehe ( nanti ngecer pakai apa?). Apa yang lebih banyak lebih hebat? yang jelas makin banyak suruh yg temu rose ya makin pedih dimato.
Menurut saya dikecer itu agar saya menjadi lebih terang dalam melihat, dan “KETEMU RASA” dengan RUH YANG BAIK dan ditambahi ENERGY MICRO-SUPRANATURAL oleh pengecer agar mampu untuk itu. Ya itu mung kira-kira lo wong sampai sekarang saya ndak diberitahu dan ndak tahu buku standarnya hehehe. Tapi ndak papa kalo sesuai dengan image saya itu sudah baik ndak klenik. Kalo mistik (misteri, ghaib, ndak masuk akal, aneh, nggumunke) yoo meessthiii (klo ini semarangan) wong agama saja menurut ULil (mantunya gus Mus), 99,99% dasarnya PERCAYA bukan rasio, tiwas teorinya hebat wong gak percaya piye jal (ini ya Smgan). Yang saya usulkan kan cumaaan mbok yao yang dikecer itu diberitahu, saya pikir kalo yang dikecer dan pengecernya tahu kan bisa juga temu-rose dan hasilnya pasti lebih hebat, menjadi manusia yang kenal diri ya kenal pribadinya wong yang ngecer terbaik dari yang baik hehehe. Ada lo saking mantepnya dikecer, air suruh itu diminum, dan dibuat mandi agar tubuhnya bisa kebal luar-dalam, itu katanyo saran dari pelatihnyo. Ooo gitu ya mungkin ini yang buat adik-adik berani karena menganggap kebal seluruh tubuhnya termasuk kebal muka ya hehehe. Apa ya betul itu? Kalo saya dulu ya untuk “sibin”/membasuh tubuh, wong sudah pagi dak sempat mandi esok harinya langsung tidur hehehe. Sudahlah ya besok di SSS...AMBUNG lagi ya. Selamat berlatih …………………. 20/nov/2008.

1 komentar:

Anonim,  27 November 2011 pukul 00.21  

Lha kan bener itu mas. Kalo bisa "Su" "Ruh" jadi kebal luar dalam.
Kalo gak kebal berarti "Ruh" belum "Su".
kekkkkeee...

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil