SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Jumat, 26 Desember 2008

HIKMAH DARI TETANGGA

HIKMAH DARI TETANGGA
Oleh: D.Sumaryono, Pembina UKM SHTerate Undip.2008

Tetangga, walaupun bukan sedulur tapi bisa sangat baik melebihi sedulur. Nyatanya kalo ada sesuatu yg terjadi di rumah maka tetanggalah yang pertama tahu dan sedulur/keluarga baru tahu setelah diberitahu olehnya. Kadhang tetangga malah lebih perhatian daripada sedulur, keluh kesah, kesulitan malah lebih suka di curahkan pada tetangga. Yaah nggak enaklah kalau dekat-dekat apalagi minta tolong pada sedulur yang lebih kaya gitu, iyyaa kalo ditrima kalo ndak malah bikin nelangsa dan membuat masalah baru. Lha kali ini, tetangga yang namanya Petrus, Johannes, Thomas, Paulus dll. sedang merayakan hari Natal dengan gembira, saya ya melu gembira melihat mereka rukun-rukun saja Damai Di Bumi katanya. SELAMAT MERAYAKAN NATAL TETANGGAKU, ternyata dalam ikut memperindah dunia ini saya (dan dulur SHTerate tentunya) TIDAKLAH SENDIRIAN, bahkan tetangga saya itu TAMPILANNYA NAMPAK lebih SANTUN. Klo begini saya teringat dulur tunggal kecer saya yang ada di Blora, namanya Sukiyanto (Kiyanto), seorang Katholik, guru lukis. SMA Katholik Yos Sudarso. Duluuu disyahkan sama saya dan satu-satunya dari Cepu/Blora, pernah mengembangkan SH Terate di Jogja th 74-78an di Demakan Jogja. Suka mencari KAWRUH macam-macam, termasuk muridnya pak Hasan Suwarno (Solo) bersama mas Imron dan Abas (mgl) juga sah TK2 versi pak Hasan, namun sekarang mungkin dilupakan mas Imron dan Abas karena MENINGGALKAN SH dan mengembangkan kawruh LIMAN SETO (LIntang MANunggal SEwoko duTO) mulai tahun 1997an.
Bertemu kembali dengan mas Kiyanto th 1995-96an, ketika saya baru nglakoni kawruh S45P dan Dilalahnya mas Kiyanto juga baru nglakoni olah batin karena banyak “musibah” keluarga. Banyak diskusi tentang “penemuan” batin mulai dari pertemuan dengan GAJAH PUTIH sampai menemukan BINTANG-BINTANG dengan METODE PERNAFASAN yang jumlahnya 9 bintang (saya cuman satu, itupun tak Nampak). Pada akhirnya dalam pertemuan ke lima mas Kiyanto menjadi MANTAP dalam mengambil POSISI diri dalam melaksanakan tugas-tugas kehidupan ini, dan meminta ijin bahwa metode pernafasan yang saya kenalkan digunakan pula sebagai Penutup Bintang yg ditemukannya (Bintang ke 10) dengan nama “Bintang Gana Manembah”. Telah dibukukan perjalanan penemuan Kawruh Liman Seto, dimulai dari belajar SHTerate, SH, Margoluyu, Kebathinan Jawa, dll tujuan utamanya memberikan pertolongan pada sesama hidup tanpa pandang bulu (SARA) dalam rangka Memancarkan Cinta Kasih Tuhan ( tidak seperti SH yg diberikan hanya pada warga saja). Dik Djoko, kita sepakat terus memancarkan kasih-sayang kepada sesama, sekarang ini banyak lo yang “Mengatas Namakan Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang” tapi tindakannya tidak mencerminkan itu, apa yang mengucapkan itu tak sadar? Trimakasih mas Suki telah mengingatkanku dan semoga saya KUAT mengingatkan mereka juga. ……………. Wassayang 25 Des 08

Go to Previous message | Go to Next message | Back to Messages

7 komentar:

ratna 9 Januari 2009 10.28  

Bulan suro adalah bulan yg identik dgn tradisi jawa..merupakan tahun baru islam..dan apa yg terjadi di madiun ? bulan suro harusnya di isi dgn lembaran baru dan diisi dngn renungan..di madiun yg terjadi adalah ribuan pendekar SH terate konvoi keliling kota madiun sambil teriak2 menantang siapa aja yg mereka temui..teriak2 SH winongo jancook...sh winongo bantai...mereka tidak saja teriak2 tetapi jg melakukan penjarahan warung rokok di mana saja yg mereka lintasi..apakah ini yg di namakan pendekar yg selalu mendengung2kan "memayu hayuning bawono" sangat menyedihkan..dan ajaran sh terate ini sdh salah kaprah atau keluar dari nilai2 SH yg di ajarkan eyang SURO.dan SH terate yg terjadi sekarang ini bukanlah oraganisasi pencak silat..tetapi adalah MLM ( multi level marketing )MLM yg bernama SH terate..kenapa saya katakan MLM..karena sh terate bisa buka cabang di mana saja penjuru dunia tanpa harus di sahkan/dikecer menjadi pendekar di Pusat madiun.apakah para pendekar sh terate tersebut pernah/tau padepokan pusat sh terate madiun ? jawabnya pasti mereka tidak tau padepokan sh terate pusat madioen.atau belum pernah sama sekali ke padepokan sh terate pusat madiun.jd jangan berbangga diri yg menamakan pendekar sh terate tapi tidak di sahkan di pusat madioen..bandingkan dgn ajaran SH winongo yg punya banyak anggota tetapi mereka teatap di sahkan/di kecer di pusat SH winongo madiun..mereka sh winongo tetapa menjunjung tinggi ajaran ke SH an yg di wariskan eyang suro..jd buat kalian kaum akademis harusnya lbh bisa mengkaji apa yg terjadi di SH terate sekarang ini..anda2 ini hanya di jadikan jaringan MLM yg namanya SH terate ..sangat di sayangkan ...merekrut anggota sebanyak2nya tanpa perlu di sahkan menjadi pendekar di pusat madiun...yg penting setoran uang masuk ke kantong2 petinggi SH terate di madiun...

ryan 10 Januari 2009 13.37  

di setiap organisasi perguruan pencak silat apapun pasti mengajarkan kebaikan bagi anggota dan juga untuk semuanya..baik PSHT,PSHTM Winongo,IKS PI,Pagar Nusa,dsb mengajarkan hal-hal kebaikan semua.
Kalaupun ada yang ber-ulah itu hanya dari oknum anggota perguruan tersebut dimana mereka belum mengetahui dan memahami ajaran perguruannya.Jangan diartikan bahwa perguruan tersebut mengajarkan hal yang sama. itu salah besar.
Bahwa perlu dipahami pula bahwa setiap perguruan pencak silat mempunyai cara sendiri-sendiri dalm men-sah-kan anggotanya.Dalam perguruan pencak silat yang juga sama-sama mengajarkan setia hati baik PSHT,PSHTM Winongo madiun,PSH,Dll pun menggunakan cara yang berbeda.
rasa saling mengerti dan toleransi itulah yang sulit dilakukan oleh kita kepada organisasi yang lain.mari kita menghilangkan rasa seperti itu.
untuk kejadian di madiun, kami memang mengakui itu kesalahan dari oknum saudara kami yang belum mengerti tentang ajaran SH.
padahal di ajaran SH kita diajarkan untuk memancarkan cinta kasih kepada sesama.
tapi bukan hanya PSHT, objektif saja setiap suran agung-nya SH Winongo,pengesahan warga-nya IKS PI pasti juga ada kejadian seperti itu khususnya dari anggota yang muda(saya mengalami sendiri karena saya asli dari daerah tersebut dan dari kecil berada di lingkungan yang pencak silatnya heterogen dan banyak sekali terjadi konflik antar perguruan).
mungkin dari individu masing-masing harus menyadari apa arti penting dari ajaran perguruannya dan mempunyai rasa toleransi dan cinta kasih terhadap yang lain.mari dimulai dari diri kita.
terimakasih silahkan dari saudara yang lain memberikan komentar.
maaf apabila ada yang salah.

Anonim,  26 September 2009 23.31  

YUP,SESUNGGUHNYA SETIAP PERGURUAN MEMPUNYAI AJARAN YANG SEBENARNYA BAIK.TETAPI MUNGKIN DI BENAK PARA WARGA BARU MUNGKIN MERASA BAHWA MEREKA ADALAH YANG TERHEBAT.... KALO MEMBACA MENGENAI POSTING DI ATAS AQ SETUJU SAMA RATNA!!!!!JANGANKAN SAMA WINONGO,SUDARA TUNGGAL KECER,WONG SESAMA WARGA SH TERATAI AJA MASIH TONJOK2AN.... AQ PERNAH LIAT DENGAN MATAQ SENDIRI,GE' MASIH PAKAI SERAGAM LAGI.TAPI G TAU JUGA YA,DIMANA2 ANTAR PERGURUAN BISA DUDUK BERDAMPINGAN BIARPUN MEMAKAI SERAGAM KEBESARAN MASING2.TETAPI AQ BELUM PERNAH TAU WARGA SH TERATE BISA ANDAP ASOR IBARAT PADI "SEMAKIN BERISI SEMAKIN MERUNDUK".DAN MALAH YANG G DISUKAI PERGURUAN LAIN TU EMANG KELAKUAN WARGA SH TERATE.... SEMOGA MASUKAN INI BISA MERUBAH SIKAP PARA PENERUS WARGA SH TERATE,DAN DAPAT DICONTOH OLEH PERGURUAN LAIN SEBAGAI PERGURUAN TUA YANG ADA DI INDONESIA..... THANK'S

ryan 29 September 2009 12.16  

memang semuanya kembali kepada pribadi kita masing-masing.apakah kita sudah mengamalkan ajaran dari otganisasi pencak silat kita khususnya sh terate.
Apabila kita bisa mengamalkan ajaran tersebut pasti tidak akan ada lagi kejadian seperti itu. Karena semua perguruan pasti mengajarkan hal yang sama tentang kebaikan dan rasa persaudaraan antar sesama.
Mungkin akhir-akhir ini banyak disorot tingkah laku warga SH terate karen organisasi ini memnag memiliki massa yang besar dan pasti juga masih ada warga yang kurang dalam pengamalan ke-SH -annya.Tapi jangan melihat dari salah satu sisi saja. Semua yang dilakukan juga ada sebabnya. Alhamdulillah untuk sekarang sudah tidak ada kejadian seperti itu lagi. Karena kita sudah pada tahu dan mengerti. Semoga kejadian kondusif ini bisa dipelihara antar perguruan pencak silat.
untuk anonim yang diatas, jangan melihat sh terate dari sisi buruknya saja..coba anda melihat lebih luas lagi..masih banyak warga sh terate yang bertingkah laku gakneko-neko dan sudah bisa mengamalkan ke-SH-annya..seperti pepatah, karena nila setitik rusak susu sebelanga..karena kelakuan segelintir oknum akhirnya banyak yang "gebyah uyah" (menyama ratakan) semua kelakuan warga sh terate seperti itu.
untuk perkelahian antar sesama warga sh terate, dalam ajaran kami dilarang untuk berkelahi/tukaran antar warga..ataupun ada, mungkin ada masalah dengan warga tersebut.misalkan ada oknum warga yang menipu sesama warga,mencuri, bahkan memakai nama organisasi untuk tujuan negatif pribadinya. akhirnya sasama warga yang menghakimi karena tidak terima organisasinya dijadikan sarana untuk berbuat negatif. Semua yang dilakukan oleh orang pasti ada sebabnya juga..kita lihat dahulu masalahnya..
terima kasih atas masukannya.
maaf kalo ada kata yang salah.
silahkan untuk yang berkomentar memakai identitas yang jelas supaya kita bisa sharing melalui blog ini..
suwun..
salam memayu hayuning bawono..

ADVENTURE 10 Januari 2010 22.54  

apakah orang islam itu harus syahadat di depan ka'bah, islam sekarang sudah ngga asli lagi???? semua organisasi memakai berbagai macam sistem dari yang konvensional sampai marxisme yg memaksakan doktrin2, tertutup dan hirarkis. dan semua sistem itu punya kelebihan dan kelemahan, sehingga tidak perlu menyombongkan kelompoknya. kaum akademis tentunya sangat paham akan hal ini. kita bukan berada di zaman ketertutupan dan kebodohan. tujuan eyang SURO sama dengan tujuan sh terate dan tujuan diturunkannya Nabi Muhammad SAW yaitu Akhlakul Karimah (manusia berbudi luhur)dan berbakti kpd sesama. ayo !!! PSHT maupun PSH Tunas Muda Winongo berlomba-lomba siapa yg paling baik amalnya!!! apa yg sudah organisasi kalian berikan kepada masyarakat???

tapak monyet 28 Juli 2010 14.39  

Saya anggota / warga dari perguruan ikspi kera sakti yang juga berpusat di madiun ,setiap organisasi selalu mempunyai masalah yg sama yaitu " berbangga hati dengan organisasi ' masing2 , merasa bahwa organisasinyalah yang paling hebat dan tak ada kekurangan dalam hal ajaran, namun di akui atau tidak ADA 1 PERGURUAN yang besar yang melampaui batas dalam mengexpresikan ide dan pembelaan terhadap klaim pribadinya... kita tentu tidak etis mengatakan perguruan apakah itu ? .... mari kita mawas diri BAHWA KITA MEMPELAJARI PENCAK SILAT ADALAH UNTUK MENGALAHKAN DIRI SENDIRI "... MAPUKAH KITA

beli aja cd software 29 Mei 2012 09.22  

MENURUT HEMAT SAYA BOLEH IKUT KELOMPOK PERGURUAN /ORGANISASI ASAL KAN INGAT ORGANISASI HANYA SEBATAS ORGANISASI BUKAN SEMACAM AGAMA JADI KALAU ADA MASALAH JANGAN SOK KEPRAK KEPROK MAKSUD SAYA JANGAN TERLAMPAU FANATIK TERHADAP SUATU ORGANISASI!! KARNA SUATU ORGANISASI TIDAK LAH MUNGKIN MENOLONG KITA DI AKHIRAT? SEBAGAI KIASAN : (MAAF BE4) ADAKAH EMBAH SURO AKAN MENYELAMATKAN KITA KETIKA HARI KEBANGKITAN SETELAH KITA MATI? JAWABNYA NO!! TERUS APA GUNA KITA KEMELETE(SOK JAGO)?? FILOSOFI: DILANGIT MASIH ADA LANGIT!!

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil