SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Sabtu, 20 September 2008

Belum Tuntas di Krida Nasional SHT-undip

BELUM TUNTAS DI KRIDA NASIONAL
Oleh : Djoko Sumarjono, Pembina UKM-PSHT UNDIP 2008.

Krida nasional yang diselenggarakan UKM-SHTerate Undip telah usai. Hasil kejuaraan laga pencak silat telah diumumkan. Ucapan terima kasih kepada para peserta dan para donatur juga telah disampaikan. Ada yang belum diketahui dan yang masih menjadi agenda adalah acara “ SARASEHAN PANEL” yang menggagas pengembangan SH Terate secara Umum dan khususnya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Acara yang penting ini ditunda karena terbatasnya waktu.
Ada beberapa pemikiran yang mendasar dalam sarasehan ini :
Bahwa IPSI sangat membutuhkan atlet-atlet yang handal, dan berkesinambungan untuk event Nasional, Asean, bahkan Internasional. Atlet-atlet banyak diserap dari Mahasiswa sedangkan dana IPSI terbatas.
Mahasiswa sebagai pemuda punya karateristik tersendiri dibanding pemuda umumnya yaitu lemah physik tetapi kuat dalam berfikir. Di samping bisa menjadi atlet juga berpotensi sebagai “Agent of Change” bagi SH Terate.
SH Terate sendiri dalam gerak perkembangan sekarang mau tidak mau harus berbenah diri menghadapi tantangan/ancaman Global jika ingin tetap eksis.
Panitia merasa bersyukur dan terima kasih kepada mas Sakti Tamat yang hadir diakhir petang acara dengan memberi wawasan dan diskusi kepada panitia dan kontingen yang masih belum pulang ke daerah. Adapun wacana yang dapat dirangkum dalam diskusi ini adalah:
Bahwa SH Terate berkembang begitu pesat dewasa ini menyertakan banyak masalah EKSTERNAL maupun INTERNAL yang harus mendapat penanganan yang serius tidak saja oleh para Senior/sesepuh, Petinggi tetapi oleh Kita Semua.
Bahwa agar SH Terate dapat tetap eksis seperti ungkapan yang sering kita dengar “Selama Matahari terbit dari Timur, Selama bumi masih dihuni Manusia Selama itu pula SH terate tetap jaya.” , jika ada SISTEM YANG HANDAL.
Sistem yang handal itu menyangkut paling tidak: 1). Pencak-silat sebagai Olah Raga, Beladiri dan Seni, 2). Kebatinan/kerochanian/kejiwaan, dan 3). Kelembagaan (organisasi) dalam rangka mengatur pencapaian cita-cita.
Secara Ekstern kepada masyarakat umum kita harus menjaga dan meningkatkan CITRA YANG BAIK sesuai dengan cita-cita “Berbudi Luhur yang Tahu benar dan Salah, Memayu Hayuning Bawana” . Selalu mengikuti event kejuaraan Pencak Silat baik yang diselenggarakan IPSI, SH Terate sendiri maupun mungkin dari lembaga lain untuk menjalin mitra.
Secara INTERN kita harus MENATA KEMBALI sistem Organisasi dalam hal ini dengan membuat PROGRAM 100 tahun. Jika kita cermati, SH Terate ini perwujudan lain dari “Lembaga Pendidikan”, maka pertanyaan mendasar siapakah dan berapa banyak “Profesor” dan “Lektor” organisasi ini?, apa isi pembalajaran pencak silat sudah mantap dan seragam?, apa isi pembelajaran kejiwaan sudah mantap dan khas (bukan berdasar tafsir sendiri-sendiri)?
Wacana ini kiranya tidak hanya untuk warga yang kebetulan jadi mahasiswa, tetapi untuk semua warga baik di Pusat maupun Cabang. Dan tentunya SUMBANGAN GAGASAN/SARAN sangat diharapkan untuk dilaksanakan di semua tempat. Saudara kita dari Jakarta kiranya sudah siap mendukung, bagaimana yang lain?…………………… 20Sept2008

0 komentar:

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil