SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Selasa, 25 Oktober 2011

SANG PARIKESIT (2)

Sang Parikesit (2)
by djk

“ Hallo dik Petruk, kito bersuo lagi ...3 hari ini you gak nongol di desa pinggir hutan ape ada masalah?” “Ooo, mas mBil2 datang nda sini, ndak ada masalah serius kok, cuman aku disuruh nugguin boss tidur pesannya jangan ada yng ganggu dan jangan dibangunin sebelum bangun sendiri... gitu” Wathatitah kok seperti iklan jamu kuat hehehe, jadi dah 3 hari ini belum bangun? ' “ yaya m mBil untungnya aku sedia mie kering sehingga cukup kumakan langsung aja klo lapar.... bossku ini kapan ya bangunnya?”” Gini dik Pet2, nurutqu boss mu itu njalani ngelmu melewati Batas Tidur spt yg kubaca di Kompas minggu kemarin... memang ndak boleh diganggu soalnya bisa tidur terus alias meninggalkan kita2 ini. Bossmu sedang : bersujud dalam sunyi, berdoa dalam hening, alias suwung... gitulah nurut ki Demang Suwung Etan Kali n ki Gede Surabaya Pinggir Perum hehehe.... ini sudah hari ke 3, perhitunganku sbentar lagi akan bangun tak iye, n mari kita siapkan aja bubur abang-putih/merah-putih, seduan daun sirih supaya raganya kuat kembali..... nah itu bossmu dah bergerak-gerak”
…..............................................................................................................................................................
“ Salam boss, sabar n pelan-pelan, harap maklum boss baru bangun dari tidur selama 3 hari lo.... dapat pengalaman apa? “ Wah dah lama ya mBah... rasanya baru bentar aja. Tidak seperti yang tertulis dalam pustaka kerajaan yg njlimet/rumit......Dalam tidur aku bertemu para eyang2 yg sudah menjadi hyang2. Beliau memberi pitutur/wejangan/nasehat2 tentang ngelmu2 yg melintas batas.... aku diberi ngelmu terbang oleh hyang Indra, bisa terbang jauh diangkasa mas Sasukirana kusapa tapi ndak tahu... ngelmu menyelam n mengambang di lautan oleh hyang Baruna, m Janurwenda juga gak tahu klo aku bersamanya, ngelmu ambles bumi oleh hyang Antaboga ngelmu tapak-dahana/lebur sekethi yg bisa hancurkan gunung oleh hyang Brama, ngelmu sepi-angin yg bisa berjalan seperti kilat oleh hyang Bayu, hyang Gana /Ganesha memberi ngelmu kebijaksanaan..... .”
Okey boss, berarti sudah semua ngelmu telah boss kuasai n kita bersiap2 pulang?” “ Betul mBah Petruk, sementara ini kita selesai n mo pulang. Kata Hyang Abiyasa masih ada satu lagi ngelmu yg belum diberikan... karena belum wayahe n kata beliau 50 tahun lagi baru wayahe..... gitulah singkatnya. Sebetulnya ingin aku menuntaskan ngelmu, tapi yg kuperoleh kiraku lebih dari cukup untuk bekal sipat kandel/percaya diri dalam memimpin negara bersama dengan para dulur2 yg hebat2“” Oooo gitu..... gimana mas mBilung?”
Nurutqu, betul itu hyang Abiyasa yg dulunya begawan Abiyasa kakek- canggah bossmu... karena sekarang bossmu masih “lungguh-madeg” menjalankan kewajiban memayuhayuning bawana sebagai raja. Kiraqu ngelmu terakhir itu ngelmu “Moksa' seperti yg dilakoni begawan Abiyasa sehingga beliau dapat moksa pas hari lahirnya bossmu itu, masih ingat kan?. Ngelmu itu bisa terwujud jika sudah suwung segalanya Lha klo sekedar teori n latihannya itu ada di Demang Suwung n Ki Gede SBY hehehe.... ki demang itu lucuuuu, lha wiz piye jal, pernah bertanya: sing dicekel wong mati ki apa?/yg jadi pegangan orang mati itu apa?... dulu dagelan ' Pete” (siswa jambon, ayah Basuki dagelan nasional Alm warga ) diacara Suran Agung tanya ke teman dagelannya: Wong urip ki kudu weruh dalane pati, lha nek wis weruh ngarep iku dalane pati njur kepiye?/orang hidup harus tahu jalannya mati, klo sudah tahu di depan itu jalannya mati lalu harus bagaimana?..... jawab temannya : ya harus berperilaku baik, budiluhur dst … jawab Pete : itu salah yg betul jawabnya : ya disingkiri, aja dilewati/ ya disimpangi, jangan dilewati ….... jiamput tenan hahahaak. Selamat ya boss, n you dik Petruk, klo senggang mampirlah di hutanku.... smoga hutanku tak kan hilang... lestari alamku, lestari desaku, dimana ibuku dongengkan cerita, tentang kisah jaya, nusantara lama, damai tentram raharja di sana..... wueleh2 m Gombloh bisa aje. Wassayang.

0 komentar:

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil