SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Minggu, 12 Juli 2009

URIP SEJATI

SEJATINING URIP DAN URIP SEJATI

Oleh ; Djk

Mas Prasetyo (Jkt) benar, Budaya bahasa Jawa itu unik ya, apalagi kalo dah nyangkut spirit (ual) pasti ada harmonisasi luar-dalam. Duluuu pada zamannya kata itu dah biasalah bagi “wongs tuwo”, tapi sekarang istilah itu perlu dijelaskan terutama untuk yang mudas. Aqu maklum kok karena nurut ramalan (Jangka) memang “wong Jawa kari separo (orang Jawa tinggal setengah)”, contohnya ya aqu ini Jawaku tan ngenthing (tak ngeh gitulah) perlu berfikir-intuisi gitulah ( kata mbak Kur yg jago tembak sby) apalagi spt mas AWAN yg predikatnya pendekar segudang prestasi, ndak enaklah klo ditanya adiksnya bangsane gituan kok ya gak bisa jawab gitu. Klo zaman kecilqu, ketika kegelapan untuk belajar, maka ibu segera menyalakan lampu/nguripke lampu, ketika sekolah di univ ndesa kampus biru pernah disuruh teman menghidupkan mesin motor/nguripke mesin (harap maklum karena nunut), ketika nonton wayang itu ada lelagon/tembang : sluku-sluku bathok, bathoke ela-elo,…… wong mati ora obah, yen obah medeni bocah, yen urip goleka dhuwit, dhuwite kanggo akuuuu(ini senggakan sinden dari NOGIRI yg kemayu hehehe). Istilah hidup/urip kok macems lalu SEBENARNYA/HAKEKAT hidup itu apa?/sejatining urip iku yok apa? / Kiraqu ada satu yang menjadi hakekat/ hal yang mendasar yaitu adanya CAHAYA/NUR , lampu dikatakan hidup kalo bercahaya, cahaya/kilat busi harus ada agar mesin hidup, orang hidup punya cahaya hidup/guwaya. Teori lain hakekat hidup ya DNA gitulah, klo Prof .DR. Ir. Seno Sastroamidjaja (phisikawan UGM) hakekat hidup itu ATOM. Klo di Mukadimah, ….hakekat hidup ini berkembang……. sempurna kembali ke causa prima. Ternyata nurut teori gaul, kitas ini asalnya dari stek bukan dari wiji/biji alasannya yang ditanam untuk dapat berkembang adalah BATANG bukan BIJI gitu hehehe (guyonan ya). Ngugemi/sesuai huruf Ta: tatanan tanpa tanding (masih ngantheng kita dibanding NYET), dan SA: sarwa sampurna (ada cahaya, api, udara, tanah, air lebih lengkap kita dibanding malaikat)

Klo urip sejati, nurutqu digaulkan ya Hidup Yang Benar/ Hidup yang penuh hakekat/ hidup yang bercahaya jadi kiras ya hidup sesuai fitrohnya gitulah ( wueleh,wueleh). Lha lalu seperti apa? Ya seperti sifat dan fungsi cahaya itu, selalu membuat hidup (nguripi), madhangi ( membuat terang bagi yang kegelapan), nglebur (membuat lebur/menyatukan) apa yang ada, supaya semuanya dapat melaksanakan tugas hidup ini “Memayu-hayuning Bawana” gitulah. Ngugemi huruf Ma: mobah-mosik marsudi martatama/bergerak-berjalan melaksanakan keutamaan (untuk Tuhan, pribadi, dan sesama makhluk). Klo di SHTerate ada gambar sinar putih yang memancar dari hati yang putih maka ya cocoklah lah yaoo. Tapi ya itu, ni semua ya mung/hanya renungsan aye sebagai salah satu thethukulan/makhluk, ngugemi huruf Tha : thengel-thengel thukul /baru mulai tumbuh, dan huruf Nga : (berusaha) Ngabekti Ngawiyat/berbakti ke penguasa yang di atas. Sinden ayu nogiri-pinter kroncong, jangan ragu ngomentari- aqu ya mung omong kosong . Semoga tidak membuat “mumet” your head. Wasssayang……… 10/juni09.

0 komentar:

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil