SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Selasa, 01 Maret 2011

ONCE UPON IN VILLAGE (1)

ONCE UPON IN VILLAGE (1)
By djk

Salam luur,  gimana kahabarnye? Syukur adem-ayem…slamet-slamet. Ini ada cerita daripada nunggu  JURNAS SH Terate yg seleksi awalnya di Rayon2  untuk dikepyake januari/februari GRENGSENG aje  gak terdengar, dah keburu crop-circle. yaah ntuk nambah gayeng aje bahwa HAL INI ADA dan (mungkin) dulurqu yg hebat ndak ngalami….
Th 1983-1988.“Mas mBilung jangan sungkan n ragu kita ke mbah mBero walau sudah jam 23.00 ini, beliau pasti masih  wiridan di kamar sebelah ruang tamu, dan ndak usah mbayar!! Asal tau aja mbah ini dah berkali-kali naik haji  n dekat sama keluarga Cendana” Gitu saran penguat dari adik ipar yg getol konsultasi bangsane santet yg model tahunan sampai  jam-jam an. Jangan dikira yg jam-jam itu ndak berbahaya lho mas,  contonya itu ayah …. Asal  mau rapat penting  dg atasan tahu-tahu sakit ndak bisa bangun  n terpaksa ndak ikut rapat ….tapi nanti klo waktu rapatnya selesai  sembuh-buh segar bugar…. Apa ya ndak semprul tenan itu penyakit? Ayah itu orangnya  NDAK PERCAYA bangsane gituan, maka terpaksa ibu yg kasih saran saya ntuk konsultasi lha mbahnya itu temannya  eyang kakung alm….”  Yayaya okkle… aqu ya belum mudheng , anggap saja  ini ikhtiar yg paling mungkin (maklum ya luur, walau dah  dibenum pendekar tk 1 gak pernah dingertiin perkara supranatural gitulah).
“Assalamualaikum…, kula nuwun mbah kula sowan..” Yaya nak  silakan duduk, pintu nggak dikunci... ”gitu suara dari kamar. ” Oooh den Bei dan ini siapa?” ” Aqu mBilung mbah, mau konsultasi  gimana ya mbah keluarga sakit kok gantian... adik sembuh terus ibu sakit, ibu sembuh gantian adik yng sakit,  yg kelihatan sehat ini  aqu maka  mohon maaf jika  sowan malam2 gini, mohon berkenan memberi obat” ”Heh heh heh... ya ndak apa2, sudah jadi kewajiban saya ntuk nolong orang .. saya maklum kok nak, orang BINGUNG itu ya spt nakmas ini dan yg datang ke sini itu  BANYAK SEKALI..... Coba saya lihatnya melalui cangkir ini.......”
Kulihat mbahnya konsentrasi sambil tangan kanan menutup cangkir ke 9 dihadapannya...” Wuieh, panas sekali perbawanya, dan ini ada kabut yg menutupi  hemmm..... yaya coba dilihat di bawah meja ini ya ada apa?..... Dhok!!! Kulihat tangan beliau menutup cakir dengan tapak tangan dengan keras dan..... Pokkk! Ada benda jatuh aqu hanya melihat ndak tahu apa yang dimaksud... tapi den Bei segera mengambil benda yg jatuh ....ternyata sebuah bungkusan. Setelah dibuka ternyata berisi Bunga Setaman dan .... sebuah LIDI yg ujungnya DIBALUT KAPAS. ” Inilah obatnya nakmas, Bunga + Lidi ini agar di buat mandi keluarga, bahan yg membuat sakit jadi sarana penyembuhnya hehehe. Dan ini saya sertakan pula kacang hijau+bawang merah yg telah saya  mohonkan ridhlo Gusti Allah untuk Eling dan Kuat menghadapi gangguan” ” Trimakasih mBah.... sekalian nyuwun Pamit agar besok pagi bisa sampai rumah, Wassalamu alaikum....”
...........................................................................................................................................
” mBah mohon maaf terpaksa aqu kesini lagi setelah satu bulan, karena rantai sakit keluarga ini kok kambuh lagi”” Hemmm...yaya nakmas ini sarananya. Saya tak cerita kepada nak mas...  anak  itu mempunyai kewajiban Nyuwarga ake orang tua. Permohonan /doa anaklah yg sangat diperhatikan dan dinilai gusti Allah.”” Embah Dulu bisa begini ini karena kewajiban itu..., ketika itu embah lari  dari kejaran masyarakat,  tempat-tinggalnya tak tentu, puasa mutih 40 hari, wiridan baca Al Qur’an tiap tengah malam sampai khatam, makan kalo memang lapar dan apa yg ada di depan mata.... dianggap gila karena nebang pohon yg dianggap keramat...  kelakuan ini  baru berakhir setelah mengalami peristiwa bertemu lagi dengan ke dua orang tuaku di kamar itu ketika berdoa/wiridan, akhirnya baru kupercaya setelah berulang-ulang kutemui beliau dg keadaan bahagia. Sekarang saya malah dianggap wong pinter, kyailah  karena  sudah naik haji dan punya mesjid.  (ternyata embah ini orang tuanya dibunuh karena dianggap  ikut  organisasi terlarang, padahal pekerjaannya petani utun/tradisional).............’” Ya mbah terima kasih..” ternyata itu  cerita terakhir untuk memberitahu qu agar menjalani LAKU,  yaah memang belon wayahe, jadi ya tetap nggak mudheng........ Wassayang.

0 komentar:

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil