SELAMAT DATANG DI BLOG PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE KOMISARIAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG--WWW.SHTERATEUNDIP.BLOGSPOT.COM-- GREETINGS BROTHERHOOD

Senin, 06 Oktober 2008

PROFIL PENDEKAR SH TERATE yg TRAPSILA

PROFIL PENDEKAR SH TERATE yang TRAPSILA
(Gagasan D. Sumaryono, Pembina UKM SH Terate undip, 2008).

“Itu Pendekar Cap Apa?” begitulah komentar Harian Sore Semarang dengan adanya anggota suatu perguruan pencak silat yang mengeroyok masyarakat umum yang baru kembali nonton hiburan di Bojonegoro. Memang anggapan umum pendekar itu ya ahli pencak silat. Lha kalo SH Terate juga mengajarkan Pencak Silat maka tidak salahlah jika hasil didikannya ya disebut “Pendekar “. Kata itu juga sering diucapkan ketika fajar mulai menyingsing dalam Sah-sahan Warga Tk 1” Sebentar lagi saudara-saudara akan menjadi manusia baru, pendekar SH Terate“.

Kalo ditanya Pendekar SH Terate itu tampilannya (=Profilnya) seperti apa to?
Duluuu, bayangan/imajinasi Ikon pendekar ya seperti ditulis dalam komik dan buku cerita. Dari Komik misalnya tokoh setengah tua laki-laki: Si Jampang dari Betawi, Warok Suromenggolo. Tokoh muda laki-laki: Panji tengkorak , pendekar G. Sembung, Si Buta dari Gua hantu. Yang wanita muda : Si wallet Merah. Kalo dari Buku misalnya tokoh tuanya: Panembahan Ismaya, kiai Gringsing, Ki waskita, Ki Jayaraga, Gagak Seto, Kiai Kasan Kesambi. Tokoh setengah tuanya adalah Mahesa Jenar, ki Kebo kanigoro, Wirapati, Bagus Kempong. Tokoh mudanya Aryo Saloka, Putut Karang Tunggal, Agung Sedayu, Glagah Putih, Sangaji dan Titisari. Oh ya Wiro Sableng dan gurunya Shinto Gendeng he he he walaupun gendheng tapi ilmunya untuk kebaikan seperti pendekar yang lain. Cerita dari luar negeri ya seperti Mutiara Hitam, Nirahai dan Lulu (wanita), Suma Han, Gak Bunbeng, Suma lee dan Suma Kian Bu (laki-laki).
Tokoh layar kaca : Bruce Lee, WangYu, Chenlung, Brandon Lee, advent Bangun, Barry Prima, Rima melati, dan G.Ruddy.
Sekaraang ada tambahan imajinasi seperti dalam layar kaca mulai dari Pendekar kura-kura, Goku, Crelin, Gohan, Power ranger, Inuyasa dll, sampai ninja hatori hehehe. Kalo dari dalam negeri ya Kakek Jabat. Kyai Prayoga, Brama Kumbara, Sembara, Jaka Tingkir, Wiro Sableng sampai Si Otong hehehe.

Lalu Ikon pendekar SH Terate seperti apa? Menurut gagasan penulis profil itu merupakan TAMPILAN HASIL DIDIKAN. Jika dicermati visi-misi-kompetensi pendidikan, maka ada HARMONISASI LUAR-DALAM. Kalo fisiknya sangar ya tingkahlakunya lemah-lembut, kalo fisik lemah-lembut ya pencak-silatnya hebat. Kiranya prinsip budaya keTimuran masih lekat” Janma tan Kiniro”. Mungkin ya seperti Warok Suromenggolo dan Agung Sedayu. Kalau Di Sedulur SH Terate yang penulis kenal ya seperti mas Imam Koes Supangat (Alm) dan mas Kun (Ir. Djoko Kuncoro, FT-UNS), mas Slamet Riyadi (Cilacap) dan mas Sakti Tamat (Jkt)? Kalo cewek ya seperti mbak Ninuk (Madiun), Rosa (Jogja), Triyani ( Istri Alm mas Narjo Jkt).
Jadi profil/tampilan hasil didikannya adalah PENDEKAR yang mempunyai Tatanan RAga-rasa-roh Purna SajIwa LAku. Pendekar yang menghayati Etika dan agar mudah diingat PENDEKAR yang TRAPSILA. Yaaa gitulah daripada nganggur, nunggu mahasiswa ya gak datang-datang hehehe. Salam6/10-08

0 komentar:

  © ryanwidhi teratediponegoro by shterateundip.co.cc 2008

Wangsul Maleh Dateng Inggil